Hama dan Penyakit pada tumbuhan Bagian 1

Posted by Unknown Senin, 30 Desember 2013 0 komentar

Sebentar lagi musim panen padi disawah kami akan segera tiba, padi mulai berisi dan menguning. Namun tiba-tiba padi yang hampir di panen itu kemudian "ambruk" hanya karena terkena angin dan hujan. Setelah saya lihat ternyata penyebab dari ambruknya tanaman padi saya diakibatkan karena batang padi yang paling bawah tekena penyakit, sehingga meskipun padi tersebut belum terlalu berisi mudah ambruk. Lalu saya mulai bertanya-tanya penyakit apa ya yang menyerang padi saya ini. Teringat postingan teman saya Agen Ace Max's Surabaya akhirnya sekalian ijin copas aja mungkin berguna bagi pembaca setia BLOG ACE MAXS SURABAYA. Berikut ulasannya saya bagi menjadi 4 postingan supaya cukup karena memang postnya sangat panjang.

Hama dan Penyakit pada tumbuhan

Tumbuhan tidak selamanya bisa hidup tanpa gangguan. Kadang tumbuhan mengalami gangguan oleh binatang atau organisme kecil (virus, bakteri, atau jamur). Hewan dapat disebut hama karena mereka mengganggu tumbuhan dengan memakannya. Belalang, kumbang, ulat, wereng, tikus, walang sangit merupakan beberapa contoh binatang yang sering menjadi hama tanaman.
Gangguan terhadap tumbuhan yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur disebut penyakit. Tidak seperti hama, penyakit tidak memakan tumbuhan, tetapi mereka merusak tumbuhan dengan mengganggu proses – proses dalam tubuh tumbuhan sehingga mematikan tumbuhan. Oleh karena itu, tumbuhan yang terserang penyakit, umumnya, bagian tubuhnya utuh. Akan tetapi, aktivitas hidupnya terganggu dan dapat menyebabkan kematian. Untuk membasmi hama dan penyakit, sering kali manusia menggunakan oat – obatan anti hama. Pestisida yang digunakan untuk membasmi serangga disebut insektisida. Adapun pestisida yang digunakan untuk membasmi jamur disebut fungsida.
Pembasmi hama dan penyakit menggunakan pestisida dan obat harus secara hati – hati dan tepat guna. Pengunaan pertisida yang berlebihan dan tidak tepat justru dapat menimbulkan bahaya yang lebih besat. Hal itu disebabkan karena pestisida dapat menimbulkan kekebalan pada hama dan penyakit. Oleh karena itu pengguna obat – obatan anti hama dan penyakit hendaknya diusahakan seminimal dan sebijak mungkin.
Secara alamiah, sesungguhnya hama mempunyai musuh yang dapat mengendalikannya. Namun, karena ulah manusia, sering kali musuh alamiah hama hilang. Akibat hama tersebut merajalela. Salah satu contoh kasus yang sering terjadi adalah hama tikus. Sesungguhnya, secara ilmiah, tikus mempunyai musuh yang memamngsanya. Musuh alami tikus ini dapat mengendalikan jumlah populasi tikus. Musuhnya tikus itu ialah Ular, Burung hantu, dan elang. Sayangnya binatang – binatang tersebut ditangkapi oleh manusia sehingga tikus tidak lagi memiliki pemangsa alami. Akibatnya, jumlah tikus menjadi sangat banyak dan menjadi hama pertanian.


Secara umum hama dan penyakit dibagi menjadi 3 yaitu, hama, penyakit dan gulma. untuk lebih lengkapnya silahkan klik link dibawah ini:
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Hama dan Penyakit pada tumbuhan Bagian 1
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://manuherbal.blogspot.com/2013/12/hama-dan-penyakit-pada-tumbuhan-bagian-1.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar


Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Tji'ani Herbal Jl.Bogor 28 Malang .

Daftar Blog Saya

Bank Pembayaran

Transfer pembayaran ke rekening bank di bawah ini atas nama Iswanu :
Photobucket
Bank BCA KCP Veteran No. Rekening : 010210xxxx
My Zimbio
Top Stories
Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits!
SEO Services
Free Automatic Backlinks Free Automatic Backlinks Free Automatic Backlinks Free Automatic Backlinks