Manfaat dan Cara menanam pohon Jamblang Putih / Duwet

Posted by Unknown Minggu, 13 Juli 2014 4 komentar

Jamblang termasuk tanaman langka asli Indonesia, terlebih jamblang putih. 

kondisi sedang berbunga/ berbuah.
Tinggi kurang dari 70cm
Jamblang/duwet tanaman dengan buah yang berwarna putih dan bergerombol ini selain manis juga bagus untuk koleksi dan dijadikan tanaman hias. Bila di potkan, tinggi tanaman ini tidak lebih dari 100cm.
Buah Jamblang atau disebut juga buah duwet memiliki nama ilmiah Syzigium cumini.
Buah ini berasal dari kawasan India Timur dan tumbuh dengan baik di wilayah tropis. Oleh karena itu, jamblang termasuk ke dalam buah-buahan tropis.

Struktur buahnya hampir serupa dengan jambu air. Oleh karena itu, buah jamblang termasuk ke dalam suku Myrtaceae (jambu-jambuan). Di beberapa daerah di Indonesia, buah jamblang dikenal dengan nama yang berbeda-beda antara lain, jambu kling (Gayo), jambe kleng (Aceh), jambu kalang (Minang kabau), jamblang (Betawi dan Sunda), juwet, duwet, duwet manting (Jawa), dhalas (Madura), juwet (Bali), klayu (Sasak), duwe (Bima), jambulan (Flores), raporapo jawa (Makasar), alicopeng (Bugis), dan jambula (Ternate).

Jamblang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga ketinggian 500 m dpl. Tinggi pohon normal bila tidak di pot bisa mencapai 10 – 20 m. Pohon jamblang berbatang tebal, tumbuh membengkok, dan bercabang banyak. Bagian daunnya berwarna hijau, tebal, lebar, dan memiliki pertulangan menyirip.

Bagian bunga jamblang tumbuh di ketiak daun dan di ujung percabangan. Kelopaknya berwarna hijau muda dan berbentuk lonceng. Mahkota bunganya berbentuk bulat telur, serta memiliki benang sari berwarna putih yang berbau harum.

Bagian buah jamblang yang kaya akan antioksidan berbentuk lonjong dan berukuran sekitar 2-3 cm. Buahnya berwarna hijau ketika masih muda, dan berwarna putih kekuningan ketika matang. Daging buahnya berwarna putih. Rasa buahnya manis, masam, dan sepat. Buah jamblang juga memiliki biji berwarna putih berbentuk seperti kapsul.
Daun buah jamblang memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai antioksidan, anti virus, anti inflamasi(penghilang radang) dan menurunkan kadar gula dalam darah (anti diabetes), mengobati konstipasi dan membantu menghilangkan alergi.
Sedangkan pada buahnya kaya akan vitamin C,A Riboflavin,kolin, asam folat, asam amino.Buah Jamblang juga kaya akan mineral seperti natrium, kalium,kalsium, posporzat besi, seng dan mangan.
Buah jamblang banyak di konsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol dan anti diabetes. 
 
berikut beberapa foto pohon jamblang di rumah kami saat berbuah.












TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat dan Cara menanam pohon Jamblang Putih / Duwet
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://manuherbal.blogspot.com/2014/07/manfaat-dan-cara-menanam-pohon-jamblang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Ada bibitan nya pak?

Unknown mengatakan...

Ada bibit nya? Dijual? Brp harganya

Unknown mengatakan...

Bibit pohon ini ada dikota mana dan berapa harganya?

Unknown mengatakan...

Bibit pohon ini ada dikota mana dan berapa harganya?

Posting Komentar


Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Tji'ani Herbal Jl.Bogor 28 Malang .

Daftar Blog Saya

Bank Pembayaran

Transfer pembayaran ke rekening bank di bawah ini atas nama Iswanu :
Photobucket
Bank BCA KCP Veteran No. Rekening : 010210xxxx
My Zimbio
Top Stories
Submit your website to 20 Search Engines - FREE with ineedhits!
SEO Services
Free Automatic Backlinks Free Automatic Backlinks Free Automatic Backlinks Free Automatic Backlinks